Cara membuat air payau untuk udang vaname

Spread the love

simak penjelasan tentang cara membuat air payau untuk udang vaname dibawah ini:

Budidaya udang vaname bisa dibilang gampang-gampang susah, karena selain banyak peralatan yang harus di persiapkan temasuk lahan dan kualitas air juga menjadi faktor terpenting pada siklus pembesaran udang vaname. secara umum udang vaname terbiasa hidup dengan kondisi air di salinitas atau kadar garam 15ppt ke atas, itulah sebabnya budidaya udang vaname tidak bisa dilakukan pada beberapa lokasi lahan yang sumber air nya tawar. lantas bagaimana cara membuat air payau untuk udang vaname di pusat kota? berikut penjelasanya.

Cara Mengolah air tambak udang vaname

pengelolaan kualitas air pada budidaya udang sangat erat kaitanya dengan pembesaran hewan tersebut, sejatinya air merupakan kondimen utama yang paling wajib di perhatikan untuk budidaya udang vaname, parameter parameter mengelola air pada tambak udang memiliki banyak sekali ukuran, diantaranya yang wajib dikelola yaitu:

  • Suhu air tambak
  • Tingkat kecerahan air
  • Salinitas air kolam
  • PH air tambak

air tambak yang dikelola dengan teliti tentu sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup microorganisme didalamnya yang bisa dimanfaatkan bagi udang vaname.

Membuat air payau pada pembesaran udang vaname

langkah -langkah dalam mebuat air payau untuk udang vaname yang harus di persiapkan diantaranya adalah :

  1. Kolam bundar dengan diameter 3
  2. Mesin aerator
  3. Garam Krosok

Isi Air Kolam Diameter 3

Lakukan pengisian air pada kolam bundar sampai dengan ketinggian kurang lebih 90-100 cm, hal ini nantinya juga sekaligus untuk pembentukan flok untuk budidaya udang bioflok. bisa isi air dengan air PDAM atau air sungai / kali.

Instalasi Mesin Aerator

disaat yang bersaaman lakukan instalasi mesin aerator dan juga batu aerasi, masukan dalam kolam bundar berdiametr 3 yang sedang dilakukan proses pengisian air, hidupkan mesin sambil menunggu air terisi sesuai dengan ketinggian. jika menggunakan air PDAM fungsinya adalah agar kandungan clorin atau kaporitnya cepat memuai.

Gram Krosok

setelah air mencapai ketinggian kurang lebih 1meter atau 100cm, masukan garam krosok sebanyak 30-50Kg atau 1 karung garam krosok, sambil mesin aerator tetap di nyalakan, tunggulah kurang lebih 1-2 jam setelah gram krosok dimasukan, lalu lakukan pengecekan salinitas sir menggunakan refractro meter. untuk memulai budidaya udang vaname simak peralatan yang wajib di persiapak pada artikel berikut:

BACA JUGA :  Peralatan Budidaya Udang Vaname

setelah dilakukan pengecekan apabila kadar garam pada air masih menunjukan salinitas di bawah 5 lakukan penambahan gram krosok 10kg-20kg sampai salinitas di atas 5ppt. salinitas air pada budidaya udang vaname adalah:

  • 0-5ppt air tawar
  • 5-15ppt air payau
  • 15ppt ke atas asin
BACA JUGA :  Strategi Budidaya Udang Vaname

Membuat bioflok pada kolam bundar udang vaname

setelah mengetahui cara membuat air payau untuk udang vaname selanjutnya lakukan pembentukan bioflok pada kolam yang sama yang nantinya untuk pembesaran udang vaname kolam bundar. hal yang perlu di persiapkan adalah:

  • kapur dolomit
  • EM4 atau probiotik sejenisnya
  • Molase atau tetes tebu (bisa juga gula merah di cairkan namun boros)

langkah – langkah pembentukan flok sederhana yaitu:

  1. masukan probiotik 1 botol em4 pada kolam bundar d3
  2. campurkan tetest tebu atau molase 1liter
  3. tambahkan kapur dolomit 10-15kg

biarkan mesin aerasi tetap menyala selama kurang lebih 3-7 hari, setelah 1minggu biasanya akan muncul busa dan warna air berubah cokelat, silahkan ambil air dan taruh gelas kerucut untuk melihat flok pada dasar gelas. setelah air payau sudah siap dan flok sudah siap, maka langkah selanjutnya anda tinggal membeli benur udang vaname untuk di budidayakan pada kolam bioflok sobat. untu rumus padat tebar bisa simak penjelasan berikut

BACA JUGA :  Padat Tebar Udang Vaname
dan untuk menentukan benur yang baik bisa simak artikel
BACA JUGA :  Cara menebar benur udang vaname yang baik

Kesimpulan

itulah penjelasan Cara membuat air payau untuk udang vaname pada kolam bioflok, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat budidaya. untuk melihat info seputar budidaya udang vaname bisa kunjungi budidayaudangvaname.com

 

 

 

Satu pemikiran pada “Cara membuat air payau untuk udang vaname”

Komentar ditutup.

Select Language