Cara Mengatasi udang vaname mengambang

Spread the love

Pernahkah anda menglami ketika pagi hari udang vaname anda mengambang ke pinggir tambak? lalu anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi udang vaname mengambang?

Dalam budidaya udang vaname tentu saja kita sering mengalami berbagai hal yang membuat kita sedikit was-was. ketika melihat udang kita mengalami keanehan. simak tips mengatasi udang vaname mengambang berikut.

cara mengatasi udang mengambang

Penyebab udang vaname mengambang

Sebelum masuk pada pembahasan udang vaname mengambang. Perlu anda ketahui sebenarnya apa penyebab udang vaname mengambang?

Udang Kekurangan Oksigen

Bisa saja penyebab udang vaname mengambang adalah karena kekurangan oksigen dalam tambak. pastikan mengukur kadar oksigen terlarut dalam tambak.

Ciri udang kekurangan oksigen biasanya akan mengambang, dan ketika matahari sudah mulai terbit udang mulai turun lagi perlahan.

Udang Vaname Kurang Pakan

udang vaname mengambang pagi hari juga bisa penyebabnya karena udang kurang pakan. ciri-ciri udang kekurangan pakan juga bisa mengakibatkan udang akan naik.

Menipisnya Kandungan Mineral Pada Tambak Udang

ciri ciri udang kurang mineral selain keropos juga kadang muter muter tidak jelas pada pinggiran tambak. berenang mundur tak beraturan. Bisa jadi kurang mineral penyebab udang ngambang.

BACA JUGA :  Harga Udang Vaname

Predator Pada Dasar Tambak Udang Tradisional

Pada budidaya udang vaname tradisional, banyak sekali kejadian-kejadian tak terduga. Misalnya adanya predator pemangsa seperti ikan gabus, ikan sapu, kakap, betik, belut, mujaer pada dasar tambak budidaya juga bisa membuat udang vaname naik kepermukaan.

Udang Vaname Molting

Ketika udang molting akan mengalami penurunan aktifitas dan cenderung lemas. diperparah dengan kondisi tambak yang sangat minim mineral dan suplay oksigen bisa menyebabkan udang ngambang parahnya bisa mengakibatkan udan vaname mati.

Cuaca Ekstrem

Pada beberapa kasus, penyebab udang mengambang juga karena cuaca yang sangat ekstrim, sehingga dasar kolam suhu nya sangat dingin. akhirnya udang akan muncul ke permukaan atau mencari suhu yang relatif normal atau hangat.

Kondisi Air Tambak Jelek Penyebab Udang Mengambang

Kondisi air dalam tambak yang jelek mengakibatkan udang tidak nyaman, hal ini biasanya terpicu karena pemberian dosis pakan berlebihan sehingga terjadi sisa pakan yang mengendap akhirnya membuat kualitas air tambak menjadi jelek. Kualitas air tambak yang kurang bagus bisa memicu udang vaname ngambang.

Cara Mengatasi Udang Vaname Ngambang

Sebaiknya selalu ukur kadar oksigen terlarut pada tambak budidaya udang vaname secara berkala.

Suplay Oksigen pada tambak

Pemberian kincir udang vaname sangat berpengaruh besar pada proses budidaya, selain untuk menjaga ekosistem pada kolam juga bisa menjaga DO tetap stabil.

Pemberian CaCo Dolomit atau Kaptan

Perlakukan pemberian dolomit atau Caco setidaknya 1 -2 Minggu sekali untuk tetap menjaga mineral dalam tambak budidaya udang tetap stabil.

Jaga Suhu, Salinitas dan PH Air Tambak

Lakukan pengecekan secara rutin suhu air, kadar salinitas air tambak dan PH. Supaya kita bisa memonitor dengan baik perubahan perubahan yang terjadi pada kondisi air tambak.

BACA JUGA :  Rumus Menghitung Populasi Udang dalam Tambak

Kurangi Padat Tebar Bibit Udang

Jika anda melakukan pembesaran udang vaname pada tambak tradisional, sebaiknya hitung secara jeli padat tebar udang vaname agar sesuai dengan kapasitas dan luas tambak anda. simak rumus menghitung padat tebar udang vaname berikut.

Perlakuan Sipon atau Ganti Air

Lakukan sipon atau ganti air untuk membuang sisa-sisa pakan yang mengendap pada dasar tambak. usahakan pergantian air dan sipon pada pagi hari sekitar jam 6-8.

Pemberian Pakan

Pada tambak udang tradisonal kejadian udang ngambang sering sekali terjadi, anda bisa pancing dengan pemberian pakan tambahan.

Panen Parsial Untuk Atasi Udang Ngambang

untuk mengurangi kepadatan populasi dalam tambak dan kurangnya kincir bisa perlakuan panen parsial, yaitu dengan memanen sebagian populasi untuk menjaga kepadatan, suplay DO dan manajemen pakan tetap stabil sampai akhir siklus budidaya udang vaname.

Kesimpulan Kenapa Udang Vaname Mengambang

Berikut penjelasan cara mengatasi udang vaname mengambang yang bisa anda lakukan dan perhatikan. tentunya setiap langkah tidak sepenuhnya berhasil karena tergantung dengan kondisi cuaca wilayah masing masing. udang stress memiliki banyak sekali faktor dan penyebabnya. Begitu pula cara penangannya pun berbeda beda dari setiap kondisi udang.

simak terus informasi tentang budidaya udang vaname https://budidayaudangvaname.com

 

 

Select Language