cara menumbuhkan plankton pada tambak udang vaname

Spread the love

plankton merupakan faktor yang cukup penting keberadaannya bagi budidaya udang vaname, namun dilain sisi kelebihan plankton atau bloming plankton juga menjadi masalah bagi budidaya udang, lantas bagaimana cara menumbuhkan plankton pada tambak udang vaname secara efektif agar tidak terlalu memandati area dan menjadi pesaing o2 bagi udang? berikut  beberapa tips 4 cara menumbuhkan plankton pada tambak udang vaname secara efektif yang bisa dicoba.

Tips Menumbuhkan Plankton Secara Efektif

plankton merupakan organisme mahkluk air yang memiliki ukuran sangat kecil yang memiliki kebiasan hidup mengikuti arus air, plankton berfungsi sebagai makanan alami untuk benur ikan dan udang. berikut 4 cara menumbuhkan plankton secara efektif

cara menumbuhkan plankton dengan dolomit

1. pemberian kapur dolomit / CaCo3 ( CaMg) CO3(2)

usahakan lakukan pengapuran susulan pada pagi hari dengan menggunakan kaptan (kapur pertanian) atau kapur dolomit denga dosis 10ppm, kaptan yang diaplikasikan pada perairan tambak akan meningkatkan alkalinitas air sehingga bakteri nitrit amoniak nh3 akan diubah menjadi nitrat no3 yang bisa dimanfaatkan oleh plankton.

BACA JUGA :  Cara Budidaya Udang Vaname

2. lakukan pengisian air di pagi hari

seiring penambahan air baru pada tambak udang vaname maka populasi plankton pun meningkat, apalagi jika kondisi air tambak sudah jenuh, air yang dimasukan pada tambak udang vaname selain untuk menambah volume air juga mengandung banyak mineral yang bisa dimanfaatkan oleh plankton. lakukan penambahan air baru dengan volum 5 cm pada saat pagi hari.

3. pemupukan susulan denga urea sp 36

lakukan pemupukan susulan dengan dosis 2:1 dengan menggabungkan pupuk urea dan sp36 pada pagi hari atau saat matahari terik, dosisnya untuk 1ha cukup 5kg urea dan 2,5kg sp36 jangan terlalu berlebihan dan cukup aplikasikan 1minggu 1x atau 15hari sekali maksimal dan lakukan seminimalnya pada saat udang telah mencapai doc 15. pemberian yang berlebihan akan menimbulkan permasalahan baru pertumbuhan plankton akan cepat dan menjadi pesaing o2 pada saat malam hari. biasanya setelah pemberian pupuk air akan menjadi hijau.

BACA JUGA :  Strategi Budidaya Udang Vaname

4. cara menumbuhkan plankton dengan bekatul

fermentasi menjadi salah satu hal yang sangat sering dilakukan oleh para pem budidaya udang vaname, selain untuk menjaga kualitas air juga untuk mengurai sisa pakan. banyak sekali fermentasi yang bisa di aplikasikan pada tambak udang vaname. baik membuat fermentasi secara mandiri maupun menggunakan produk pabrikan yang sudah jadi dan banyak di jual di pasaran.

kesimpulan

itulah beberapa tips 4 cara menumbuhkan plankton pada tambak udang  vaname secara efektif, yang terutama adalah selalu lakukan kontrol setiap hari mulai dari kualitas air, ph air, salinitas, nafsu makan udang dan juga kadar oksigen terlarut pada air kolam budidaya udang vaname. banyak faktor penentu keberhasilan pada budidaya udang vaname tentunya semua riset dan masukan oleh orang yang telah berpenglaman juga menjadi salah satu masukan untuk pembesaran budidaya udang.

Select Language