Ketinggian Air Udang Vaname

Spread the love

Ketinggian air udang vaname dalam proses budidaya udang sangat berpengaruh dalam suksesnya siklus pengembangan. dengan mengerti berapa rata-rata ketinggian air yang bisa anda manfaatkan untuk pembesaran udang berarti proses ternak udang anda akan semakin lebih terkendali.

ketinggian air udang vaname

Berapa Kedalaman Tambak Udang?

Perlu anda perhatikan kedalaman tambak udang agar saat proses pengisian air tidak terjadi congklang atau air dalam tambak terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

Atur tata letak tambak menjadi sebuah caren yang mengelilingi luas tambak. Apabila pergunaakan tambak intensif atur juga central drainase pada tengah kolam dan pipa outlet nya.

Kedalaman Caren Tambak

LebarKedalaman
1 – 2 Meter Menyamping1 Meter – 1.5 Meter Kedalam

Tinggi Air Tambak Udang

Secara umum tingkat kekeruhan air tambak udang yaitu berkisar antara 25cm sampai 45cm. pada proses awal atur ketinggian air udang vaname pada tambak sekitar 60 – 70 cm. lalu bisa anda atur cukup pada ketinggian air 90 cm -100 cm atau 1meter.

Perhatikan Ketinggian Air Udang Vaname Ketika Musim Hujan

Apabila anda melakukan praktik budidaya udang vaname di tambak tradisional harap perhatikan ketinggian air dengan batas pematang atau parit tambak agar ketika udang datang ketinggian air udang vaname dalam tambak tidak sampai meluber melebihi pematang.

BACA JUGA :  Harga Udang Vaname

Itulah sebabnya anda harus membuat caren yang memutari area tambak anda untuk mengatur ketinggian air udang vaname yang sedang anda budidayakan.

Cara Menjaga Ketinggian Air Udang Vaname

Lakukan siklus pergantian air secara rutin dengan skema pergantian yaitu berkisar antara 10 – 15% dari total ketinggian air udang vaname dalam kolam.

Anda bisa lakukan 1 minggu satu kali proses pengurangan dan penambahan air pada kolam budidaya udang vaname. selain berfungsi untuk menjaga ketinggian air juga berguna untuk peremajaan kualitas air bagi pembesaran udang.

Syarat Kualitas Air Untuk Budidaya Udang Vaname

Salinitas udang untuk air payau usahakan pada tingkat 8ppt – 15ppt.

untuk air asin 20 ppt – 32ppt

kondisi suhu air pada 25 – 30 dengan PH air berkisar antara 7.5 – 8.

Dan kondisi oksigen terlarut ada pada kisaran 4,5 – 8.

Selain Ketinggian Air Udang Vaname, Apa Yang perlu Anda perhatikan?

Kontrol selalu kondisi dan perkembangan bobot udang setiap harinya. yang paling penting yaitu kontroling terhadap tingkat salinitas air, kondisi suhu air, PH air dalam tambak dan oksigen terlarut.

Perhatikan juga pola penambahan makanan, nutrisi dan juga vitamin untuk udang vaname.

Apakah Budidaya Udang Vaname Bisa di Air tawar?

Anda bisa melakukan budidaya udang vaname dengan salinitas rendah berkisar 3ppt – 5ppt yang tergolong air sungai, namun perlu anda perhatikan salinitas rendah juga memiliki berbagai resiko dan pemahanan yang lebih mendalam.

Anda bisa memesan bibit udang dengan salinitas yang sesuai dengan kondisi air pada kolam budidaya anda sebelum menebar bibit.

Bisakah Budidaya Udang Tanpa Pakan?

Jika anda menggunakan sistem budidaya udang vaname di tambak tradisional anda bisa menggunakan pupuk untuk membuat pakan alamai berupa plankton dan lumut.

BACA JUGA :  Cara membuat air payau untuk udang vaname

Namun apabila anda menggunakan sistem budidaya udang intensif wajib budidaya dengan pakan tambahan.

Perhatikan juga ketinggian air udang vaname pada tambak tradisional berkisar antara 80 – 100 cm karena jika air terlalu rendah maka akan memacu ganggang dan lumut cepat sekali tumbuh, dikarenakan pemupukan dan juga kondisi air yang menembus tanah.

ketinggian air udang vaname dalam tambak

Kesimpulan Ketinggian Air Udang Vaname Dalam Tambak

Ketinggian Air udang vaname usahkan pada kisaran 80 – 100 cm dan yang lebih penting lagi jaga kualitas air mulai dari Suhu air, Kondisi PH, Salinitas dan Juga kadar oksigen terlarut atau DO pada air budidaya udang vaname.

Kesukseskan siklus budidaya tidak berdasarkan hanya satu faktor saja yaitu ketinggian air udang vaname namun juga ada berbagai aspek yang sangat berpengaruh dalam pembesaran udang yang semuanya saling berkaitan dan menunjang satu sama lainnya. Termasuk cuaca dan kondisi lingkungan di sekitar tambak juga berperan erat dalam ternak udang vaname.

Simak juga artikel lainya tentang info seputar budidaya udang vaname www.budidayaudangvaname.com

Select Language