Peralatan Budidaya Udang Vaname

Spread the love

inilah 10 peralatan budidaya udang vaname yang wajib disiapkan sebagai salah satu parameter keberhasilan budidaya udang saat awal persiapan. udang vaname merupakan primadona baru dalam dunia pertambakan yang masih dibudidayakan pada saat ini, selain harga nya yang stabil dipasaran tingkat kelangsungan hidup atau survival rate (SR) nya juga tergolong tinggi dibandingkan dengan udang windu (udang tiger / udang bago) dalam siklus budidaya udang ada beberapa alat yang wajib dipersiapkan guna menunjang tingkat keberhasilan tiap siklus budidaya udang vaname, inilah 10 peralatan budidaya udang vaname yang wajib disiapkan:

Peralatan Budidaya Udang Vaname

Langkah langkah budidaya udang? dalam skala paling kecil yaitu budidaya skala rumah tangga hingga skala yang lebih besar menggunakan lahan tambak, harus teliti dan matang ketika memulai tahap persiapan supaya tujuan dan target siklus budidaya tercapai, inilah peralatan budidaya udang vaname yang wajib disiapkan

BACA JUGA :  Strategi Budidaya Udang Vaname
BACA JUGA :  Cara Budidaya Udang Vaname

1. Kincir Udang / Aerator

kincir air pada tambak udang sangat penting peranannya sebagai sumber oksigen O2 terlalut buatan dan juga untuk menjaga stabilitas kualitas air dalam siklus budidaya udang, selain sebagai ombak yang bisa menggerkan air juga berfungsi menghasilkan semburan air, kincir air pada tambak udang juga bisa di gunakan untuk mengontrol kotoran dan lumpur pada dasar tambak agar menuju ke central drain guna memudahkan proses shipon.

dalam skala budidaya rumah tangga fungsi kincir  untuk oksigen terlarut bisa digantikan dengan mesin pompa waterpump atau aerator dengan batu aerasi beberapa titik.

2. Plastik Mulsa / HDPE

plastik mulsa dangan ketebalan minimal 0.50 micron dapat menahan dari rembesan air pada tanggula dan dasar tambak selain itu juga bisa menggunakan kualitas yang ditasnya yaitu terpal HDPE. pada budidaya udang vaname intensif penambahan terpal HDPE sangat besar pengaruhnya karena geomembrane HDPE adalah lapisan plastik polietilen yang memiliki daya tahan tinggi. manfaat plastik HDPE pada tambak udang ialah mencegah kebocoran air di tambak, pada umumnya tambak ekstensiff masih menggunakan dasar dan tanggul langsung dari tanah apalagi kalo tanah bersifat sulfat masam (TSM) dengan tingkat permeabilitas rendah geomembrane HDPE mampu menahan air dalam tambak tidak rembes dan bocor, selain itu HDPE bisa menjaga kualitas air budidaya udang tetap stabil dan bertahan lebih lama karena tidak memiliki sifat adiftif.

3. DO Meter

do meter alat ukur oksigen terlarut airDO meter (dissolved oxyger meter) alat untuk mengukur kadar oksigen terlarut pada air tambak, pada budidaya udang vaname suplai oksigen terlarut adalam minimal >4 ppm, dengan pengaplikasian DO meter tentunya akan mengerti berapa jumlah kincir yang dibutuhkan pada tiap kolam dan berapa total benur udang vaname yang akan di tebar pada setiap siklus budidaya udang vaname intensif.

4. Refractometer

alat ukur salinitas air salinity refractrorefraktometer digunakan untuk mengukur salinitas pada tambak udang, salinitas adalah kadar garam terlarut pada air, alat ini cukup penting pada tahap persiapan awal budidaya udang vaname karena untuk mengukur kesamaan salinitas antara air pada tambak budidaya dan air pada benur yang dibeli. umumnya salinitas budidaya udang vaname yaitu minimal > 15 ppt. pada budidaya udang vaname air tawar kadar salinitas nya bisa dibawah 15ppt tentunya harus tahu dulu air dalam tambak sebelum mengisi benur udang agar tidak terjadi mortalitas pada saat penebaran benur udang vaname.

5. PH Meter

PH merupakan parameter penting pada tiap siklus budidaya udang vaname, pada pembesaran udang harus wajib selalu memperhatikan parameter PH air agar tetap optimal pada 6,5 – 8. PH meter adalah alat elektronik untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan pada cairan. referensi PH meter oleh ensiklopedia 

7. Pompa Air

pompa air diesel dalam tambak budidaya sangat diperlukan untuk melakukan shipon kotoran atau memasukan air baru kedalam tandon tambak.

8. Lampu / Senter / Penerangan

lampu penerangan pada tambak udang merupakansalah satu bio-security pada lokasi budidaya, selain untuk menerangi area sekeliling tambak juga mencegah hewan-hewan yang tidak di inginkan masuk ke lingkukan pembesaran udang vaname. pada budidaya udang vaname tradisional senter berfungsi untuk mengontrol udang monggot atau mengambang pada malam hari.

9. Jala Udang

jala merupakan satu komponen yang perlu dipersiapkan untuk menunjang budidaya udang vaname, jala udang berfungsi untuk panen parsial dan juga untuk melakukan sampling bobot udang pada proses pembesaran udang vaname.

10. Anco

manajemen pakan udang dengan ancoanco adalah alat untuk mengecek total pakan harian pada budidaya udang, umumnya pada tiap petak pembesaran minimal terdapat 4 anco pada tiap sisi tambak, persentase feeding rate (FR) dihitung dari anco untuk menntukan berapa rata-rata makanan yang dibutuhkan udang untuk pemberian pakan selanjutnya.

BACA JUGA :  SOP Budidaya Udang Vaname Intensif yang Efektif

Tujuan kontrol anco

  1. medeteksi nafsu makan udang
  2. melihat kesehatan udang

itulah 10 peralatan budidaya udang vaname yang wajib disiapkan untuk keberhasilan budidaya udang vaname, tentu banyak faktor yang mempengaruhi berhasil dan tidak nya siklus budidaya selain dari faktor cuaca dan alam yang tidak bisa di bendung dengan tenaga dan akal manusia, beberapa perlengkapan tambak udang vaname tersebut patut anda miliki setidaknya untuk meminimalisir tingkat kegagalan pada budidaya udang vaname.

 

Satu pemikiran pada “Peralatan Budidaya Udang Vaname”

Komentar ditutup.

Select Language