SOP Budidaya Udang Vaname Intensif yang Efektif

Spread the love

Berikut SOP Budidaya udang vaname intensif – Ada apa dengan udang vaname? udang vaname adalah salah satu komoditas akuakultur saat ini yang sangat menguntungkan untuk diusahakan. Ini lebih dikenal sebagai “Udang Putih Pasifik” karena warnanya yang bening. Ini adalah jenis udang yang sangat hiperaktif di kolom air. Vaname dapat tumbuh lebih cepat daripada udang lainya dan dapat dipanen dalam ukuran yang lebih kecil (gram) dalam waktu 60 hingga 75 hari masa budidaya (DOC). Jadi bagaimana cara budidayakan vaname?

udang vaname sistem intensif
foto oleh putra c.f

Memproduksi vaname sangat mudah untuk dikelola. Ada hal-hal & prosedur penting yang harus diikuti dalam memproduksi vaname. Pertama, pilih lokasi yang tepat. Harus dekat pasar, daerah bebas banjir dan memiliki persediaan air payau yang melimpah.

Selanjutnya adalah persiapan kolam yang tepat. Kemudian, pemasukan air budidaya ke dalam kolam untuk penebaran Post Larva (PL). Gunakan hanya Post Larva yang terakreditasi oleh departemen akuakultur setempat.

BACA JUGA :  Strategi Budidaya Udang Vaname

Pada penebaran, ukurannya harus PL10 ke atas untuk meminimalkan stres. Saat PL sudah tersedia, masukkan ke dalam kolam. Waktu yang tepat untuk menebar PL adalah pagi hari atau sore hari. Kepadatan penebaran tergantung pada kincir dan aerator  yang dipasang di kolam. Kami merekomendasikan 100 ekor per meter persegi. Setelah ditebar, keesokan harinya vaname sudah bisa diberi makan 2 kali sehari. Jumlah pakan yang harus diberikan untuk 100.000 ekor adalah 2kg Pakan Awal tebar. Hari-hari biasa budidaya udang vannamei adalah 100 – 120 hari. Namun, jika Anda memiliki panduan dan manajemen pemberian makan yang tepat, vannamei dapat dipanen sebagian dalam 70 hari. Berat vannamei selama itu sudah bisa 12 gram.

BACA JUGA :  Padat Tebar Udang Vaname

Berikut SOP budidaya udang vaname sistem intensif

berikut tata cara SOP budidaya udang vaname intensif yang efektif adalah:

Masuk air yang sudah kita sterilkan dengan Kapur aktif,kapur kaptan,omya dan dolomit. Masuk dengan ketinggian sampai 80-90 cm,air pada tinggi level 40 usahakan kincir menyala 1 titik.

  1. persiapan dasar  Hdpe ,Cor / Beton Harus bersih
  2. selanjutnya lakukan pengkapuran Aktif atau Tohor pada dasar tambak/ kolam
  3. masukan  Air 80-90cm
  4. Setelah  Hari 1 air masuk lakukan pemberian
  5. cupri sulfat 1ppm
  6. kaporit 60%  15 ppm
  7. Samponen 5 ppm direndam selama 24 jam
  8. pupuk za 1ppm dan mineral 1’5 kg
  9. berikan juga pemberian peraman /fermentasi 2hari sekali sampai tebar benur.

Program pakan mulai doc 1-30 hr  menggunakan sistem blind feed dengan asumsi pemberian 3kg/ 100 ribu ekor, Kenaikan 200-400gram hingga  600gram, pemberian pakan awal usahakan dicampur ekstrak bawang putih untuk dosis 1 kg 5 siung bawang putih,geprek rebus dengan air bersih secukupnya.

BACA JUGA :  Cara Budidaya Udang Vaname

fermentasi untuk budidaya udang vaname intensif

udang vaname intensif
foto oleh riko purnomo

lakukan pemberian fermentasi untuk menjaga kualitas air pada budidaya udang vaname intensif, karena tingkat kepadatan udang cukup tinggi.

Setelah usia Doc 10 hari  buat OFC( organik fermentasi Samponen) opsional

Cara buat=

Samponen 1kg

Tetes 1,5 liter

Ragi 60grm

Pupuk za 700 GRM

Tiobacilus nutrifikasi ( tionat dret 60 GRM)

Air bersih 10 ltr

Di tutup rapat selama 2 x 24 jam

Aplikasi 2 hr sekali

Perlakuan kolam luasan 1000 mtr2

Senin=fermentasi wkt sore

Selasa=mineral 1 ppm pagi

Rabu=fermentasi sore hr

Kamis =mineral 1 ppm pagi

Sabtu= fermentasi sore hr

Untuk vit editiv campuran pakan

Biolakto 3 GRM/kg pakan pagi

Stumuno plus

3 GRM/ kg pakan Ini hanya sebagai acuan

Kesimpulan

itulah beberapa praktek sop budidaya udang vaname intensif yang bisa anda lakukan sendiri pada tambak pembesaran udang agar mendapat hasil panen yang melimpah dan mengurangi sedikit kegagalan pada budidaya udang vaname.

2 pemikiran pada “SOP Budidaya Udang Vaname Intensif yang Efektif”

Komentar ditutup.

Select Language